Bagi Ribery Uang Tak Bisa Membeli Kebahagiaan!

ceritabola.id – Bursa transfer di sepak bola makin gila saja dalam beberapa tahun belakangan ini. Harga pemain melambung tinggi. Apalagi di tahun 2017 ini, pembelian-pembelian pemain dengan nilai fantastis menjadi hal yang makin umum. Terakhir, Neymar hijrah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain dengan dana 222 juta euro. Atas hal itu, Franck Ribery mengaku kaget. Namun, bagi punggawa Bayern Munich itu, uang bukanlah segalanya. Menurutnya, kebahagiaan tak bisa dibeli.

“Aku tak tahu dari mana itu semua bermula. Segalanya berlangsung sangat ekstrem. Total transfer meledak luar biasa,” kata Ribery dalam wawancara di majalah GQ.

“Namun, tak ada yang berubah bagiku. Aku masih pesepak bola dari jalanan yang sangat membenci kekalahan. Tentu saja sepak bola adalah profesiku. Namun, bagiku, hal terpenting ini adalah permainan yang kucintai dan aku merasa senang olehnya.”

Bertumbuh di kawasan kumuh Prancis, Ribery tahu betul kerasnya hidup. Namun, dia tak lantas mendewakan uang. Bagi eks pemain Galatasaray tersebut, kebahagiaan tak bisa dibeli dengan uang sebanyak apa pun. Makanya, dia tak akan mudah tergiur untuk hengkang ke klub lain hanya karena tawaran menggiurkan.

“Tentu saja uang punya peran dalam kehidupan. Itu penting untuk mencapai kehidupan yang baik. Namun, itu bukan hal pertama dan utama. Jika bermain buruk atau tak bermain sama sekali, aku tak akan bahagia. Uang tak akan bisa menolong saat berada di bangku cadangan,” papar Ribery lagi.

 “Aku pernah mendapat tawaran dari Tiongkok dan Qatar, tapi sepanjang aku fit dan masih bisa bermain di level tertinggi, aku tak memedulikannya. Aku tak akan pindah ke suatu tempat hanya karena uang.”, ujarnya dengan yakin.

Hal itu pula yang ditanamkan winger berumur 34 tahun itu kepada anak-anaknya, Hiziya, Shahinez, Seif El Islam, dan Mohamed Ribery. Menurut dia, meskipun saat ini tumbuh dalam gelimang harta, mereka dididik dengan prinsip layaknya orang yang tak berkecukupan. Itu, menurut dia, agar anak-anaknya tidak boros dan berperilaku baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.